Inisiasi Perhimpunan Pelajar Indonesia di Irlandia

Baru saja saya selesai bercengkrama dengan rekan-rekan mahasiswa Indonesia yang berada di Irlandia dengan menggunakan media Google Hangout. Mereka bertanya kepada saya perihal tata cara mendirikan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI). Saya pun bertanya apakah yang dimaksud dengan PPI yang ingin mereka inisiasi akan berada di bawah naungan PPI United Kingdom (PPI UK) atau berdiri secara independen sebagai PPI Negara. Disinilah perbincangan mulai hangat.

Sebelumnya, beberapa bulan yang lalu saya sudah pernah dikontak oleh teman-teman mahasiswa Indonesia di Irlandia yang ingin membentuk suatu PPI Cabang baru di bawah naungan PPI UK. Kendalanya disini adalah perihal yurisdiksi. Di dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PPI UK, Bab I, pasal 3, tentang Nama, Kedudukan, dan Waktu, tercantum bahwa PPI UK berkedudukan di wilayah United Kingdom. Definisi dari United Kingdom sendiri hanya mencakupi Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara.[1] Melihat pertimbangan ini, maka sesungguhnya Irlandia adalah suatu negara yang independen dan seharusnya dapat memiliki PPI-nya sendiri.

Hal lain adalah perihal obligasi moral. Ketika teman-teman di Irlandia ingin mengintegrasikan diri di bawah PPI UK, artinya terdapat suatu kontrak sosial yang mengharuskan pengurus PPI UK untuk melakukan kunjungan kesana. Namun tentu saja dengan mempertimbangkan bahwa pengurus PPI UK harus mengeluarkan dana lebih untuk visa. Saat ini saja, saya sebagai Ketua PPI UK belum dapat menunaikan kontrak sosial saya untuk mengunjungi teman-teman PPI Belfast, PPI Bournemouth, PPI Canterbury, PPI Aberdeen, PPI Reading, PPI Norwich, dan lain-lain yang sesungguhnya berada di bawah struktur PPI UK.

Akhirnya saya memutuskan untuk teman-teman mahasiswa di Irlandia bersabar dan memberikan saya waktu untuk mendiskusikan permasalahan ini ke para pengurus PPI UK dan juga Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Inggris Raya (KBRI).

Namun permasalahan teknis yang saya sebutkan di atas sesungguhnya tidak begitu penting. Hikmah yang dapat saya ambil melalui sesi Google Hangout tadi adalah bagaimana semangat persatuan teman-teman di Irlandia begitu tercermin. Mereka begitu antusias untuk membuat suatu wadah bagi mereka untuk berkarya dan berkontribusi. Mereka begitu menghargai eksistensi PPI UK dengan menginisiasi kontak dan tidak sungkan meminta bantuan. Saya jadi membayangkan wajah para founding fathers dari PPI UK pada 5 September 1971 silam. Saya membayangkan bagaimana dahulu mereka sangat bersemangat mendirikan PPI UK atas dasar persatuan, bukan individualisme. Atas dasar kerjasama, bukan egoisme.

[1] ‘The Countries of the UK’, in Office for National Statistics, diakses pada 25 Maret 2015, http://www.ons.gov.uk/ons/guide-method/geography/beginner-s-guide/administrative/the-countries-of-the-uk/index.html

4 thoughts on “Inisiasi Perhimpunan Pelajar Indonesia di Irlandia

  1. Apakah saya boleh dapat kontak salah satu mahasiswa Indonesia di Irlandia? Saya akan ke sana Sept ini. Pengen tau informasi soal tempat tinggal di sana.

    Like

Leave a Reply

